Penyebab
Harga dapat Memberikan Dorongan bagi Produsen
Harga mempunyai fungsi yang
sangat luas di dalam program pemasaran. Penyebab harga dapat memberikan
dorongan bagi produsen karena bagi produsen harga merupakan komponen yang
berpengaruh langsung terhadap laba perusahaan. Menetapkan harga berarti
bagaimana mempertautkan produk kita dengan aspirasi sasaran pasar, yang berarti
pula harus mempelajari kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen. Tinggi
rendahnya harga sangat berpengaruh terhadap persepsi kualitas, sehingga ikut
menentukan citra terhadap sebuah merek atau produk. Penetapan harga juga
berbicara mengenai variasi produk. Jika produknya bervariasi tetapi ditetapkan
dengan harga yang samamaka persepsi yang muncul adalah kesamaan kualitas sebagai
cerminan variasi produk secara horizontal. Jadi produsen perlu menggunakan
pendekatan harga yang strategis agar dapat dapat mendukung pula tujuan bisnis
secara keseluruhan.
Pengaruh Harga bagi Konsumen untuk Menetapkan Pembelian
Bagi konsumen harga seringkali digunakan sebagai indikator nilai bila mana
harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu produk atau
dalam arti kata harga merupakan pengorbanan bagi konsumen dalam mendapatkan
suatu produk. Proses pengambilan keputusan dalam pembelian produk barang dan
jasa sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen itu sendiri.
Dalam keputusan pembelian atau membeli barang, konsumen ada lebih dari dua
pihak yang terlibat dalam proses pertukaran atau pembeliannya. Kegiatan
keputusan pembelian meliputi: pilihan akan produk, merek, pemasok, penentuan
saat pembelian, jumlah pembelian. Umumnya ada lima macam peranan yang dapat
dilakukan seseorang. sebagai contoh konsumen akan membeli barang dengan haga
yang tinggi apabila kualitas barang tersebut sangat bagus, atau konsumen lebih
memilih barang dengan harga murah walaupun kualitasnya tidak sepadan dengan
barang yang mempunyai nilai harga yang cukup tinggi. maka itulah harga sangat
berpengaruh terhadap konsumen.
Sumber : http://rezajone.blogspot.co.id/2015/12/tugas-4.html
No comments:
Post a Comment