Thursday, December 3, 2015

Penyebab Harga dapat Memberikan Dorongan bagi Produsen

Penyebab Harga dapat Memberikan Dorongan bagi Produsen

Harga mempunyai fungsi yang sangat luas di dalam program pemasaran. Penyebab harga dapat memberikan dorongan bagi produsen karena bagi produsen harga merupakan komponen yang berpengaruh langsung terhadap laba perusahaan. Menetapkan harga berarti bagaimana mempertautkan produk kita dengan aspirasi sasaran pasar, yang berarti pula harus mempelajari kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen. Tinggi rendahnya harga sangat berpengaruh terhadap persepsi kualitas, sehingga ikut menentukan citra terhadap sebuah merek atau produk. Penetapan harga juga berbicara mengenai variasi produk. Jika produknya bervariasi tetapi ditetapkan dengan harga yang samamaka persepsi yang muncul adalah kesamaan kualitas sebagai cerminan variasi produk secara horizontal. Jadi produsen perlu menggunakan pendekatan harga yang strategis agar dapat dapat mendukung pula tujuan bisnis secara keseluruhan.



Pengaruh Harga bagi Konsumen untuk Menetapkan Pembelian

Bagi konsumen harga seringkali digunakan sebagai indikator nilai bila mana harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu produk atau dalam arti kata harga merupakan pengorbanan bagi konsumen dalam mendapatkan suatu produk. Proses pengambilan keputusan dalam pembelian produk barang dan jasa sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen itu sendiri.
Dalam keputusan pembelian atau membeli barang, konsumen ada lebih dari dua pihak yang terlibat dalam proses pertukaran atau pembeliannya. Kegiatan keputusan pembelian meliputi: pilihan akan produk, merek, pemasok, penentuan saat pembelian, jumlah pembelian. Umumnya ada lima macam peranan yang dapat dilakukan seseorang. sebagai contoh konsumen akan membeli barang dengan haga yang tinggi apabila kualitas barang tersebut sangat bagus, atau konsumen lebih memilih barang dengan harga murah walaupun kualitasnya tidak sepadan dengan barang yang mempunyai nilai harga yang cukup tinggi. maka itulah harga sangat berpengaruh terhadap konsumen.



Sumber :             http://rezajone.blogspot.co.id/2015/12/tugas-4.html

No comments:

Post a Comment