Tuesday, November 3, 2015

4 Pelaku Bisnis yang ada di Indonesia

Rumah Tangga
Bisa berupa perorangan, kelompok, orang, lembaga-lembaga, maupun badan-badan sebagai konsumen barang-barang atau jasa hasil prosuksi (pengguna atau pemakai barang atau jasa)


Perusahaan-perusahaan
·         Lapangan usaha primer
Contoh : mengelola hasil-hasil alam (perikanan, pertanian, pertambangan, perkebunan, dan lain-lain)
·         Lapangan usaha sekunder
Contoh : Kegiatan yang meliputi kegiatan di sektor industri, perumahan, penyediaan gas, dan lain-lain
·         Lapangan usaha tersier
Contoh : Usaha yang bergerak di bidang jasa (usaha asuransi, usaha pengangkutan, bank, usaha perdagangan, dan lain-lain)


Pemerintah
Pemerintah juga berperan penting dalam kegiatan priduksi, seperti jasa pos, jasa pengangkutan, dan produksi barang untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya.

Pemerintah memiliki tanggung jawab besar untuk menyejahterakan rakyatnya, jadi pemerintah dengan kewajiban ini diharapkan dapat menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan rakyatnya tanpa terkecuali, selain mampu menyediakan barang atau jasa kepada rakyatnya pemerintah masih memiliki kewajiban untuk memastikan barang atau jasa yang pemerinah sediakan dapat dimikmati oleh rakyatnya dengan harga yang dapat dijangkau oleh setiap lapisan masyarahat.


Luar Negeri
Perdagangan luar negeri ada 2 macam, yaitu impor dan ekspor

Impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri. Tujuan impor adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri

Ekspor adaah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Barang dan jasa yang dijual adalah barang atau jasa yang diproduksi di salam negeri dan persediaannya susah memenuhi kuota kebutuhan dalam negeri



Sumber : http://www.anneahira.com/pelaku-pelaku-ekonomi.htm

No comments:

Post a Comment